Cara Mengatasi Bingung Puting Pada Bayi

Monday, December 7th 2015. | Bayi

Cara Mengatasi Bingung Puting Pada Bayi

Cara Mengatasi Bingung Puting Pada Bayi

Cara Mengatasi Bingung Puting Pada Bayi

Bayi selalu menolak dan rewel ketika akan diberikan ASI? Apakah ASI tidak disukai oleh bayi sehingga bayi selalu menolak? Kondisi ini yang membuat ibu bertanya-tanya bahkan cemas kesehatan bayi terganggu. Cobalah dengan menggunakan ASI perah, apabila ternyata bayi dapat menerimanya mungkin kondisi bayi anda sedang mengalami bingung puting.

Nipple confusion atau dikenal dengan bingung puting merupakan kondisi bayi lebih rewel dan juga menolak menyusu langsung dari ibu sehingga membutuhkan alat bantu. Artikel kali ini akan membantu anda mengetahui lebih jauh tentang bingung puting. Penyebab dari bingung puting dan cara mengatasinya sehingga anda dapat memberikan langsung ASI pada bayi anda.
Mekanisme Menyusui

Pemberian ASI secara eksklusif diperlukan hingga usia 6 bulan, meskipun ibu sibuk dengan rutinitas di luar rumah akan tetapi pemberian ASI ekslusif masih bisa diberikan dengan menggunakan ASI perah.

ASI perah dimaksudkan untuk mencukupi kebutuhan ASI ketika ibu tidak berdekatan dengan bayi. Pemberiannya menggunakan dot atau kempeng. Inilah yang membuat bayi menjadi bingung puting ketika menyusu langsung dengan ibu.

Bingung puting adalah kondisi dimana bayi tidak dengan mudah beradaptasi menyusu langsung. Pada umumnya ketika bayi ditempelkan pada buah dada, bibir bayi akan membuka dan menjulur lidah sampai puting masuk ke dalam mulut bayi, kemudian dilanjutkan dengan gerakan ritmik.

Gerakan ritmik bayi yang menggerakan lidah ke atas langit-langit keras membuat areola dan puting membentuk dot. Inilah yang menyebabkan pipi mengisi mulut dengan hisapan bayi dan menghasilkan tekanan.

Lidah bayi yang bergerak secara bergelombang dan juga memerah ASI menuju puting menyebabkan ASI mengalir keluar dari puting dan ditelan oleh bayi. Berbeda dengan bayi yang mengalami bingung puting. Bayi merasa sangat asing dan tidak terbiasa dengan mekanisme menyusu seperti itu.
Penyebab Bingung Puting

Kondisi bingung puting dialami oleh bayi yang sulit beradaptasi dengan menyusu langsung pada ibu. Bahkan dialami oleh beberapa bayi yang baru lahir hingga usia bayi 5 bulan. Meskipun demikian kondisi bingung puting yang dibiarkan tanpa diatasi maka akan menimbulkan bayi tidak sama sekali bisa menyusu pada ibu.

Kondisi bayi yang tidak bisa menyusu langsung dari ibu akan menyebabkan ASI akan berkurang karena jarang dihisap oleh bayi. Padahal dengan rangsanga hisap bayi akan membantu dalam meningkatkan produksi ASI.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sehingga bayi mengalami bingung puting :
1. Memperkenalkan Botol Susu Terlalu Dini

Bingung putting dapat terjadi ketika bayi terlalu dini dikenalkan pada botol susu sehingga lebih mudah beradaptasi dengan tekstur botol susu dibandingkan dengan puting saat menyusu. Kondisi ini dapat disebabkan ketika bayi baru lahir yang sudah diberikan ASI di dalam botol. Bayi lebih nyaman dengan kondisi botol susu dan tidak mau menghisap puting untuk mendapatkan ASI secara langsung.

44 total views, 6 views today

tags: , ,