Kenali Benjolan di Payudara Anda

Saturday, December 19th 2015. | Kesehatan, Pengetahuan

Kenali Benjolan di Payudara Anda

Mimpikamu.Com – Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah kanker pada payudara Anda. Kenalilah perubahan payudara Anda. Semakin dini pengecekan maka resiko terkena kankerpun dapat segera diminimalisir.

Marilah kita simak artikel berikut ini. Agar nantinya Anda bagi yang perempuan tidak akan terkena penyakit kanker payudara. Kesehatan adalah no. 1. Jadi jaga terus kesehatan organ tubuh Anda.
[freemember]
1. Benjolan Lembut

Benjolan berbentuk bulat dan saat disentuh halus dan lembut. Benjolan bulat seperti buah anggur dan mudah bergeser sedikit ketika Anda menekan diatasnya. Bentuknya bisa besar dan bisa kecil. Serta menimbulkan rasa sakit ketika disentuh. Jika seperti Anda harus waspada, karena itu adalah gejala kista.

Kista payudara biasanya tumbuh dikedua payudara. Kista payudara dapat tunggal dan jamak (multiple) yang berada di bagian bawah sisi dalam, dekat dinding dada. Kista payudara umumnya muncul pada wanita berumur 30 – 50 tahun. Tetapi lebih sering dijumpai wanita yang mau masuk ke menopause.

Untuk pengobatan penyakit kista payudara, biasanya dokter Anda akan menyarankan tindakan medis untuk menghapusnya. Yaitu dengan aspirasi jarum halus dan jarum suntik. Prosedur ini menyedot cairan dari dalam kista sehingga kempis.

2. Bengkak seperti jerawat di sekitar areola

Bengkakkan tersebut merupakan dari anatomi payudara Anda. Namun jika bengkakkan itu baru, maka dapat dipastikan itu adanya sinyal infeksi. Bila hal ini terjadi Anda perlu memeriksakan ke dokter. Tanda-tanda lain dari luar yang diketahui oleh dokter adalah puting membalik (membelesak kedalam), gatal pada areola, sisik yang terasa sakit atau ruam pada puting.

3. Cairan

Hati-hati bila keluar cairan pada kedua puting susu. Ini bagi yang tidak menyusui ya, kalau wanita menyusui pastilah keluar cairan, yaitu ASI. Biasanya ini masalah disekitar kelenjar tiroid atau hipofesi. Namun Anda harus waspada jika cairan yang keluar beserta darah, karena kemungkinan itu kanker. Atau keluar warna kekuningan atau kehijauan, karena bisa saja itu infeksi.

4. Benjolan Keras

Jika Anda menemukan benjolan keras, yang apabila ditekan juga tidak bergerak, mungkin itu adalah kanker atau tumor. Penyebabnya memang belum diteliti, namun riwayat kesehatan keluarga menjadi faktor utama. Tidak ada cara lain selain menemui dokter dan melakukan memmogram.

5. Benjolan licin dan mudah digerakkan

Bila payudara Anda terdapat benjolan licin, padat, bulat tetapi mudah digerakkan dan tidak menimbulkan rasa sakit, mungkin Anda terkena penyakit Fibroadenoma, Tumor jinak ini biasanya diderita oleh wanita mudah, kisaran umur 20 tahunan akibat perubahan tingkat hormon. Jika tumor sudah besar dokter akan menyarankan operasi pengangkatan tumor ini.

Nah itu tadi artikel pengetahuan kesehatan tentang Kenali Benjolan di Payudara Anda. Semoga bermanfaat.

87 total views, 3 views today

tags: , , ,