Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

Friday, December 4th 2015. | Cara Tradisional

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala belakang. Sakit kepala belakang biasanya menyerang siapa saja dan tidak mengenal faktor umur baik kalangan muda maupun yang sudah tua. Sakit kepala bagian belakang biasanya disebabkan karena efek dari sakit kepala bagian depan. Sakit kepala diklarifikasikan menjadi dua yaitu sakit kepala primer dan sekunder. Sakit kepala primer adalah suatu penyakit yang penyebabnya bukan berasal dari kondisi yang mendasarinya. Sedangkan sakit kepala sekunder adalah salah satu penyakit yang penyebabnya berasal dari kondisi kesehatan yang sedang dialami.

cara mengatasi sakit kepala belakang

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengobati sakit kepala, kita akan membahas tentang penyebab sakit kepala belakang antara lain:
1. Ketegangan
Sakit kepala belakang dapat terjadi karena otot-otot yang terletak di leher dan pundak mengalami ketegangan. Ketegangan otot-otot dapat disebabkan karena faktor kurang tidur, kecemasan, stress, kelelahan, sakit gigi, serta postur tubuh yang buruk.
2. Sakit kepala sinus
Sinus adalah ruang yang berisi udara dan terletak di dalam tengkorak yang terdiri dari empat pasang.  Selaput lendir yang melapisi rongga tersebut dapat mngeluarkan lendir yang berguna untuk membasahi bagian hidung. Sakit kepala dapat terjadi karena infeksi atau karena peradangan sinus. Sedangkan sakit kepala pada bagian belakang dapat terjadi karena peradangan sinus sphenoid yang berada di dalam tengkorak.
3. Sakit kepala carvicogenic
Sakit kepala carvicogenik merupakan sakit kepala jenis sekunder yang disebabkan karena masalah leher. Sakit kepala carvicogenic dapat dibedakan menjadi dua yaitu sakit kepala myogenic dan vertebrogenic. Sakit kepala myogenic dapat terjadi saat otot-otot leher tegang. sedangkan sakit kepala vertebrogenic terjadi saat sendi tulang di leher mengalami disfungsional.
4. Sakit kepala vaskular
Sakit kepala vaskular disebabkan karena migrain yang berulang dan parah serta disertai rasa mual dan muntah.
5. Oksipital Neuralgia
Oksipital neuralgia mengacu pada kondisi medis yang dapat terjadi saat saraf oksipital mengalami kerusakan. Sakit kepala pada bagian belakang dapat terjadi karena saraf yang mengalami kerusakan atau meradang akibat infeksi, cidera leher, osteoarthritis dan tumor.

Setelah anda mengetahui berbagai penyebab dari sakit kepala belakang anda juga perlu tahu cara mengobati sakit kepala tersebut yakni:
1. Memijat kepala
Berikan pijatan yang lembut pada bagian kepala yang sakit.
2. Kompres hangat
Kompres menggunakan air hangat pada bagian kepala belakang dan leher agar otot-otot tidak tegang.
3. Tidur
Jika anda mengalami sakit kepala sebaknya anda tidur diruangan yang tenang dan gelap. Matikan lampu saat tidur agar lebih nyaman.
4. Kompres menggunakan es
Selain menggunakan air hangat mengompres menggunakan es juga dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dikepala akibat migrain.

Klik Disini

44 total views, 6 views today

tags: , , ,