Seorang pria divonis 32 tahun karena beri jempol di Facebook

Tuesday, December 15th 2015. | Berita

Seorang pria divonis 32 tahun karena beri jempol di Facebook

Mimpikamu.Com – Berita yang satu ini sangat mengagetkan warga Indonesia. Bagaimana tidak, karena hanya karena menlike facebook saja dia dipenjara selama 32 tahun. Tapi alhamdulilah ini bukan di Negara Indonesia, melainkan di Thailand. Thanakorn Siripaiboon, ya dialah orang Thailand yang divonis 32 tahun penjara gara-gara like atau kasih jempol di dinding ( wall ) facebook. Penasaran kan? kok bisa sih? Mari simak dengan betul-betul berita ini.

 

Di Negara Thailand yang berbentuk Monarki Konstitusional, Raja adalah kepala tertinggi setelah Perdana Menteri. Oleh karena itu raja sangat diagungkan oleh rakyat Thailand. Dan apapun yang menyinggung tentang kepemimpinan raja dianggap sebuah ancaman Negara, meskipun itu hanyalah sebuah kritikan.

Dan karena ini juga yang menyebabkan Thanakorn bernasib sial. Pada saat itu di dinding Facebook Thanakorn ada sebuh kiriman foto. Yang dimana foto tersebut ternyata adalah gambar dari raja (Sri Rama), Bhumibol Adulyadej yang diedit via photoshop menjadi sebuah foto lucu dan endingnya Thanakorn ikut menlike foto tersebut. Karena diperaturan Negara Thailand bagi siapa saja yang berani mencemarkan nama baik raja akan dianggap menjadi suatu tindak pidana dan mendapatkan hukuman minimal 15 tahun penjara.

Lalu dengan bertindak cepat kepolisian Thailand segera mencari tahu alamat anggota komunitas tersebut, termasuk Thanakorn dan melakukan penangkapan. Sekitar 20 orang ditangkap dan dipenjara. Thanakorn bukan termasuk komunitas tersebut, ia hanya ikut nge’like’ foto saja. Tapi ia tetap dipenjara dan divonis selama 32 tahun penjara.

Baca juga :

42 total views, 5 views today

tags: , , , , , ,